Berbagai Teknik Memasang Nat Keramik

TABLOIDRUMAH.com– Idealnya, pengisi nat lantai memiliki tebal 1 mm–7 mm tergantung ukuran, jenis, dan tipe ubin yang akan dipasang.

Ada beberapa teknik pemasangan nat yang bisa diaplikasikan pada lantai, tergantung ukuran nat yang diinginkan. Teknik ini adalah closed joint, open joint, dan expansion joint.

Teknik closed joint digunakan pada nat yang lebarnya kurang dari 3 mm. keuntungannya, nat lebih hemat dan lantai akan nampak lebih anggun. Jika menggunakan warna nat yang sama dengan warna ubin, lantai akan nampak menyatu karena sambungan tersamarkan.

Meski pemakaian nat lebih hemat, namun pengisiannya akan lebih susah. Jika kurang cermat, nat tidak terisi dengan sempurna sehingga menimbulkan lubang yang dapat menjebak kotoran dan air. Teknik ini cocok dipasang pada ubin granit atau marmer yang tampil indah dengan nat kecil, serta memiliki ukuran presisi.

Teknik open joint digunakan saat lebar nat lebih dari 3 mm. Keuntungannya, bisa mentolerir perbedaan ukuran ubin, terutama pada ubin keramik berglasur dengan porositas (pori-pori) rendah. Ubin bertekstur kasar akan lebih ideal jika memiliki nat 3 mm–5 mm. Kekurangannya, nat yang dipakai lebih banyak.

Ubin yang ukurannya kurang presisi atau bentuknya tidak beraturan, menurut Harijanto akan lebih amat jika memiliki nat minimal 4 mm. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan kestabilan lantai, serta memberikan kesan rapi pada lantai.

Terakhir, teknik expansion joint digunakan pada ruangan yang amat luas. Nat diisi dengan campuran bahan karet atau starofum yang bersifat elastic untuk mengantisipasi pergeseran struktur yang menjadikan keramik meledak atau terangkat. Elisa menyarakankan, ada baiknya expansion joint dipasang setiap 25 m² pada pada ruangan yang luas.

Selain itu, teknik ini juga bisa diaplikasikan pada bidang dinding yang menggunakan ubin. Teknik expansion joint akan membantu memperkecil kemungkinan muai-susut pada bidang dinding yang lebar, sehingga mengurangi resiko pecah.

(Maria Jaclyn)

Foto: Jou Endhy Pesuarissa

Lokasi: Rumah Contoh Graha Raya, Bintaro



Dibagi ke

Leave a Reply