Ruang Kedap untuk Bioskop Ala Rumahan

Urutan pengaplikasian dinding kedap suara untuk ruang home theater: tembok bata, rockwool, rangka baja ringan, multipleks, dan papan gipsum peredam suara

TABLOIDRUMAH.com– Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa penat dan stres. Salah satunya adalah dengan mencari hiburan lewat film. Daripada capek-capek pergi ke bioskop, antre tiket di loket, dan menunggu jam tayang film yang dimau, pindahkan saja bioskop ke rumah. Bermodalkan DVD, televisi atau layar berukuran lebar, dan home theater, Anda pun sudah dapat merasakan nonton film bak di bioskop.

Untuk membuat bisokop rumahan, tentu diperlukan ruangan khusus. Sistem akustik home theatre berbeda dengan studio musik dan ruang karaoke. Ruang karaoke membutuhkan kekedapan akustik lebih sederhana, sedangkan home theatre mempunyai sifat sound proof yang mengandalkan akustik yang baik. Selain itu, jangan sampai dentuman suara film mengganggu aktivitas di ruang yang berdekatan, apalagi sampai terdengar ke rumah tetangga. Karenanya, ada 2 nilai akustika yang perlu diperhatikan, yakni nilai insulation (kedap) dan nilai absorbtion (serap).

Kualitas kedap dan serap tergantung material penyusunnya. Material-material tersebut banyak dijual di pasaran, seperti fiber mineral akustik, rock wool, karpet,

kain (fabric), dan panel absorber. Aplikasinya dapat dibuat dengan urutan mulai dari tembok bata, rockwool, rangka baja ringan, multipleks, dan papan gipsum peredam suara. Finishing berupa karpet pada dinding dan lantai pun bisa ditambahkan untuk memantapkan kualitas kedap dan serap di ruang home theater Anda.

( RABANI KUSUMA PUTRA )

Ilustrasi: Rabani Kusuma Putra



Dibagi ke

Leave a Reply