Kulkas Watt Kecil Tidak Dingin?

TABLOIDRUMAH.com– Penggunaan watt kecil pada alat-alat listrik terus dicari konsumen. Apalagi untuk alat-alat listrik yang dinyalakan setiap saat, seperti lemari es. Dengan teknologi hemat energi, pengeluaran biaya listrik bisa ditekan, selain sebagai bentuk kepedulian dalam menanggapi isu pemanasan global.

Namun kemudian muncul kekhawatiran, apakah lemari lemari es watt rendah membuat pendinginan tak maksimal? Jawabannya tidak. Faktanya lemari es tetap dingin walaupun mengonsumsi energi rendah.

Pada teknologi konvensional, mesin akan berputar satu arah pada sumbu membentuk putaran penuh 360°. Perputaran inilah yang lantas menggerakkan tuas penyambung kompresor dengan piston. Selanjutnya, piston akan meneruskan dengan bekerja membentuk gerakan linear dua arah. Perubahan gerakan yang terjadi secara bertahap ini menyebabkan mesin tidak bekerja efisien dan membutuhkan daya listrik besar.

Sekarang, teknologi mesin kompresor sudah dirancang secara terintegrasi dengan menghilangkanpenggunaan tuas penyambung. Alhasil, gerakan yang timbul dapat

langsung diubah menjadi gerakan linear dua arah ke depan dan ke belakang. Perubahan ini berdampak langsung terhadap konsumsi listrik dan tingkat kestabilan tegangan listrik.

Berbagai produsen kulkas telah menerapkan teknologi ini pada produknya. Sebut saja LG, Panasonic dan Sharp. Dengan tek

nologi ini, penghematan listrik bisa dilakukan dan kulkas pun tetap dingin.

( IRFAN HIDAYAT )

FOTO: DOK. PT SHARP ELECTRONIC INDONESIA,

DOK. PT LG ELECTRONICS INDONESIA



Dibagi ke

Leave a Reply