Rumah Sejuk dengan Roster

TABLOIDRUMAH.com– Istilah roster bisa jadi belum terlalu akrab di telinga masyarakat awam, namun penggunaannya untuk bangunan bukan merupakan hal yang baru.

Roster merupakan partisi bangunan yang berbentuk khas karena memiliki lubang untuk ventilasi, maka dari itu roster juga memiliki nama lain ventilation block. Material roster sangat beragam, mulai dari tanah liat yang dibakar, logam, hingga batu alam yang dipahat.

Peletakan roster biasanya ialah di atas pintu atau jendela, agar sirkulasi udara di dalam rumah lebih baik. Tak jarang pula roster dipakai sebagai partisi di taman, atau difungsikan sebagai pagar rumah. Namun kini roster juga tak jarang difungsikan sebagai dinding. Bentuk roster yang berlubang memungkinkan udara masuk, membuat ruangan di dalam rumah lebih sejuk.

Roster dapat menjadi alternatif dinding masif, contohnya pada rumah ini. Rumah yang menghadap barat membuat sang pemilik rumah merancang rumah dengan fasad masif untuk menghindari teriknya cahaya matahari. Hal ini tidak lantas membuat bagian muka rumah tidak memiliki bukaan sama sekali.

Oleh sebab itu, dinding dari roster menjadi solusi permasalahan ini. Pemilik rumah yang sekaligus arsitek rumah ini merancang sendiri bentuk roster tersebut. Lubang pada roster berfungsi untuk aliran udara, selain itu bentuk roster yang miring juga dapat menjaga privasi penghuni rumah.

(ADISSA MAHANI)



Dibagi ke

Leave a Reply