Jangan Asal Memilih TV Kabel

TABLOIDRUMAH.com– Menjamurnya layanan TV kabel atau TV berbayar membuat banyak orang bingung, merek manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk membantu mengurai kebingungan Anda, ini dia panduan memilihnya.

Berlangganan TV kabel merupakan solusi tepat bagi Anda yang memiliki hobi menonton TV. Berbeda dengan TV antena, saluran TV kabel tidak hanya dapat menyiarkan acara TV lokal atau nasional saja. tetapi melalui TV kabel, Anda dapat mengakses berita, informasi, film, musik, dan beragam jenis hiburan yang paling terbaru dari berbagai belahan dunia di negara apa saja, tanpa ada batasan.

“Walau statusnya berbayar, Anda tidak akan rugi karena pilihan channel-nya sangat beragam. Anda dan keluarga juga dapat memilih program televisi mana yang ingin ditonton atau tidak,” ucap A.Winnie I. Sularso, Marketing Product dan PR Manager Indovision, saat peluncuran layanan terbarunya Indovision High Definition (HD) di Grand Indonesia, Jakarta.

Yang menarik, saat cuaca buruk seperti hujan dan angin kencang, kualitas gambar TV kabel tetap lebih jernih dibanding dengan TV antena biasa. “TV kabel kualitasnya tidak dipengaruhi cuaca. Apapun cuacanya, kualitas gambarnya tetap jernih,” ucap Winnie Menerangkan. Hal ini juga dibenarkan oleh Kurniawan Soesilo, salah satu pelanggan TV layanan kabel, di daerah Cikarang. “Selain channelnya banyak, kualitas gambarnya juga tidak berubah. Tetap jernih dan stabil,” ucapnya.

Kestabilan ini mungkin juga dipengaruhi oleh posisi antena yang dapat berubah atau goyang saat terkena angin dan hujan sehingga dapat menyebabkan gambar TV menjadi buram dan tidak jernih. Sedangkan TV kabel, antena atau radarnya menempel sempurna. Jadi, penerimaan sinyal pun lebih baik dan stabil.

Walau memiliki banyak keuntungan, Anda sebagai pelanggan harus tetap berhati-hati. Jangan sampai Anda salah memilih layanan TV kabel. Apalagi, jumlah TV kabel yang bermunculan di Indonesia saat ini jumlahnya sangat banyak. Bahkan, mereka tidak sungkan untuk mengobral banyak janji. Inilah 4 hal yang harus Anda perhatikan saat memilih TV berbayar ini.

Kualitas Sinyal Harus Baik

Walau TV kabel dibilang memiliki sinyal lebih baik dibanding TV antena, tetapi tidak semua TV kabel berkualitas baik. Anda dituntut jeli mengetahui hal yang sedikit teknis ini. Karena sistem TV kabel ialah pengiriman sinyal televisi pada perangkat televisi rumah tangga melalui kabel. Jadi, sinyal menjadi nomor satu agar memiliki kualitas tampilan gambar yang baik. Enggak mau kan, jika dalam sebulan hanya beberapa kali Anda bisa menonton TV bergambar baik hanya dalam hitungan jari?

Ada dua struktur jaringan TV kabel yang diterapkan. Pertama, tree and branch system. Pada sistem ini, sinyal ditransmisikan melalui cabang-cabang dan sub-sub cabang hingga ke converter/decoder yang berfungsi untuk memilih frekuensi. Perangkat ini dipasang di antara jaringan kabel dan perangkat TV. Kedua, switchedstar system, yaitu sinyal didistribusikan melalui trunk cable dari headend ke local center menggunakan kabel serat optik. Cirinya paling sederhana, sistem ini menggunakan amplifier atau booster. Sistem kedua ini lebih baik dibanding sistem pertama. Salah satu TV kabel yang menggunakan pemancar sinyal ini adalah Indovision.

Pilih Saluran Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa paket yang ditawarkan oleh setiap TV kabel.  Paketnya pun berbeda-beda. Agar tidak salah pilih, sebaiknya Anda mengetahui kebutuhan Anda dan keluarga. Jika Anda demam dengan olahraga, pilihlah paket yang memiliki siaran olahraga. Jika Anda suka dengan film, pilih paket yang menyiarkan banyak film. Begitu juga jika Anda suka fashion, kartun, maupun berita terbaru, pilihlah paket tersebut sesuai kebutuhan agar Anda tidak sia-sia membayar TV kabel langganan Anda.

Salah satu tips yang dapat Anda lakukan adalah dengan melihat brosur secara teliti, paket apa saja yang ditawarkan. Bisa juga Anda melihat website TV kabel yang akan Anda pilih. Biasanya, TV kabel yang memiliki reputasi baik memiliki website yang komplit dan lengkap. Di dalam website itu juga sudah tercantum paket-paket yang ditawarkan. Atau, jika Anda bingung dan pusing dengan panduannya, Anda bisa menelepon layanan konsumen dan membantu memilih kebutuhan program TV kabel yang ingin Anda pilih.

Yang menarik dari saluran TV kabel ini adalah jika Anda memiliki anak kecil dan tidak ingin mereka menonton film dewasa, program saluran TV kabel dapat diatur dengan cara memblokirnya. Jadi, anak-anak Anda pun akan terbebas dengan konten yang tidak sesuai dengan umurnya. Inilah kehebatan TV kabel dibandingkan dengan TV biasa, kemanapun Anda pergi atau sedang bekerja, Anda dapat dengan tenang bahwa anak-anak menonton saluran TV sesuai kebutuhan mereka.

Lihat Harga dan Perjanjian

kenapa harga penting juga untuk diperhatikan? Ini dikarenakan setiap merek TV kabel memiliki harga yang berbeda-beda dan perubahannya sangat cepat. Perubahan harga itu dikarenakan adanya promo. Untuk setiap paketnya pun berbeda-beda.  Yang perlu Anda perhatikan, harga tersebut belum termasuk harga pemasangan atau instalisasi.

Selain itu, yang menentukan besar kecilnya harga adalah jumlah saluran TV yang dipilih. Rumusnya adalah semakin banyak saluran TV yang dipilih, harganya dipastikan akan semakin mahal. Sarannya, pilih saluran TV sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan Anda dan keluarga. Buat apa juga kita memilih saluran TV kabel yang tidak disukai, pasti hasilnya akan sia-sia.

Selain harga, tanyakan juga sistem perjanjian yang diberlakukan oleh perusahaan TV kabel. Beberapa TV kabel memberlakukan perjanjian dimana pelanggan tidak boleh berhenti berlangganan sebelum genap setahun. Jika memang Anda melakukan pemberhentian di tengah jalan, misal baru 6 bulan terus berhenti, dipastikan Anda akan terkena denda.

Sistem Pembayaran Sudah Mudah

Yang menarik, sistem pembayaran untuk TV kabel saat ini sangat mudah. Setelah melakukan transaksi dan pemasangan TV kabel selesai, Anda biasanya diberi nomor atau kode untuk transaksi pembayaran per bulannya. Nomor ini gunanya untuk mempermudah pengecekan apakah Anda sudah membayar atau belum di bulan ini.

Sistem pembayaran yang dapat Anda lakukan, yaitu transfer melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), transfer via pos, internet banking, sms banking, atau bayar langsung dengan mendatangi outlet pembayaran yang sudah ditunjuk. Sangat mudah dan tidak merepotkan, kan? Dimanapun Anda berada, dapat dengan mudah melakukan pembayaran.

Hati-hati dengan masalah pembayaran. Beberapa TV kabel memberlakukan denda jika Anda telat membayar. Selain itu, pastikan Anda memilih TV kabel yang cocok sesuai dengan keinginan Anda. Pemutusan secara sepihak akan ada konsekuensi yang diterima, yaitu pembayaran berupa denda yang harganya bervariasi.

Perhatikan Layanan Konsumennya

Walau belum tentu bermasalah dengan layanan TV kabel yang Anda pilih, Anda sebaiknya tetap memperhatikan layanan konsumen yang berikan dari perusahaan TV kabel. Ini sebagai langkah antisipasi jika ada masalah di kemudian hari. Permasalahan yang sering timbul dan terjadi di banyak pelanggan adalah penerimaan gambar yang kurang jernih, jaringan down, dan kesalahpahaman tentang pembayaran. Jika ada masalah, segera hubungi nomor telepon layanan konsumen agar semua permasalahan tersebut segera tertangani.

Perusahaan TV kabel yang baik biasanya membantu secara kooperatif dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, baik itu dalam proses awal ketika akan meilih paket atau dalam proses lanjutan. Karena bagaimanapun layanan konsumen yang baik akan berdampak terhadap citera perusahaan dan juga kepercayaan konsumen dalam memilih TV kabel. Jadi, telitilah sebelum Anda memutuskan akan memilih TV kabel apa.

(IRFAN HIDAYAT)

FOTO: ARIF BUDIMAN

Baca juga:

5 Panduan Memilih Layanan TV Kabel



Dibagi ke

Leave a Reply