Maksimalkan Dapur Mungil

Dapur dengan lahan terbatas memang menjadi kendala. Namun buatlahseperti ruang yang dapat mengakomodasi segala kebutuhan di dalamnya. Bahkan bila benar-benar terbatas dengan ukuran 1,5mX1,5m sekalipun, kita bisa membuat dua fungsi dalam satu ruang sekaligus. Seperti penggabungan ruang memasak dengan ruang makan.

Agar menghemat tempat, biasanya dibuat meja yang menyatu dengan pantry, dengan konsep seperti meja bar. Sehingga tidak perlu meja makan yang formal.

Untuk mendapatkan kenyaman memasak di dapur mungil, perbaiki desain dapur itu sendiri. “Bila didesain dengan baik, tepat dan sesuai fungsi, seperti perbanyak laci penyimpanan agar dapur tidak sumpek,” tutur Nita Herman, Desainer Interior, Rista Kreasi Estetika Design and Build.

Memiliki dapur mungil tidak selalu menyusahkan atau terkesan sumpek, kadang-kadang dapur mungil lebih praktis, namun jangan abaikan hal-hal mendasar pada dapur agar tetap nyaman, seperti:

  1. Jangan biarkan ruang kosong terbuang percuma. Manfaatkanlah setiap ruang di dapur dengan efektif dan maksimal.
  2. Letakkan peralatan dapur dan peranti makan yang sering digunakan pada tempat yang mudah terjangkau. Selain dapat menghemat waktu, dapur akan menjadi bersih.
  3. Manfaatkan laci-laci untuk menyimpan perlengkapan dapur dan makan seperti pisau, sendok, garpu dan pernak-pernik lainnya. Ini bermanfaat dalam pencarian jika diperlukan.
  4. Anda pun dapat menggunakan kompor tanam dengan oven menempel di bawahnya untuk menyiasati ruang.
  5. Beri ventilasi atau jendela yang cukup agar pertukaran udara lebih lancar dan sinar matahari bebas masuk. Perhatikan pula saluran air dan pembuangan sampahnya, sehingga kebersihan dan kesehatan terjamin.
  6. Di bawah kompor gas dan tempat cuci (sink) dapat dibuatkan lemari untuk menyimpan peralatan masak yang lebih besar.

(Satya Nita Pratama)

Foto: Teddy Yunantha

Lokasi: Kediaman Erwen dan Yayah, Apartemen Kalibata City, Jakarta



Dibagi ke

Leave a Reply