Proses Detail Pembuatan Kaca Inlay

Satu hal yang membuat kaca inlay ini begitu berharga adalah cara pembuatannya. Cara pembuatan yang mengandalkan ketelitian dan rasa seni yang tinggi membuat produk kaca inlay tak dapat disejajarkan dengan produk masal hasil pabrik lainnya.

1. Desain

Pada proses ini seorang desainer akan menerjemahkan keinginan pemesan dalam rupa desain kaca inlay yang spesifik. Desainnya pun tak bisa asal-asalan. Untuk bentuk lengkung, dibutuhkan minimal diameternya 3 cm.

2. Pemotongan Motif

Walaupun agak berbahaya, tetapi proses pemotongan kaca motif masih dilakukan secara manual menggunakan pemotong kaca. Ketelitian dan kepresisian menjadi kuncinya.

3. Penghalusan

Kaca motif yang telah dipotong berdasarkan desain kemudian memasuki proses selanjutnya. Gerinda digunakan untuk menghaluskan tepian kacanya agar tampak rapi dan indah.

4. Pengemalan

Selagi motif-motif dihaluskan, proses pengemalan desain di kaca dasar dilakukan. Tujuannya agar motif terpasang rapi pada tempatnya, sesuai dengan desain yang telah dibuat.

5. Gluechip

Gluechip digunakan untuk memberi motif dan tekstur acak pada kaca dasar. Prosesnya dengan menuangkan bahan kimia khusus, sejenis lem, pada kaca yang kemudian dipanaskan dalam oven bersuhu 60-800 selama 24 jam. Tidak semua kaca inlay melalui proses ini.

6. Penempelan

Inilah proses yang membedakan kaca inlay dengan produk-produk kaca lainnya. Motif-motif yang telah dibuat ditempel pada kaca dasar dengan menggunakan perekat khusus yang memanfaatkan sinar UV. Proses ini dikerjakan dengan hati-hati agar hasil sempurna.

7. Pembersihan

Setelah selesai proses penempelan, kaca yang sudah bermotif pun dibersihkan dari sisa-sisa lem yang berlebih dengan menggunakan kain basah dan semprotan biji aluminium (sandblasting) agar tepiannya rapi dan halus.

8. Finishing

Di tahap akhir ini kaca inlay bermotif ditutup dengan kaca dasar dan diberi sweagle di antaranya. Sweagle adalah bahan sejenis karet yang berfungsi untuk menutup rongga antarkaca dan mencegah udara dan air masuk ke lapisan kaca inlay.

Anda dapat memilih jenis kaca tempered (kaca mobil), yang akan hancur dalam keping kecil, atau kaca laminate, yang akan tetap menempel saat pecah, sebagai kaca dasar untuk jaminan keamanan. (Bernadetta Tungga Aditya)



Dibagi ke

Leave a Reply