Kamar Mandi Bersuasana Alam

TABLOIDRUMAH.com– Saat ini, mandi tidak lagi dipandang sebagai sekadar kegiatan membersihkan tubuh. Apalagi di tengah kesibukan sehari-hari yang sudah sangat menyita waktu. Kegiatan mandi dianggap sebagai waktu khusus di mana tubuh dan pikiran dapat bersantai sejenak. Karena itu, desain kamar mandi pun harus mendukung kegiatan relaksasi ini.

Salah satunya adalah desain kamar mandi yang mengedepankan unsur alam. Benda-benda yang diasosiasikan dengan alam tidak saja dapat memanjakan mata, tetapi juga merangsang indera lain. Misalnya, telinga mendengar gemericik air, telapak kaki pun merasakan kasarnya lantai.

Beberapa cara berikut dapat dilakukan untuk menghadirkan suasana alam ke dalam kamar mandi.

  1. Buat bukaan besar di kamar mandi yang dapat memasukkan hijaunya pepohonan di luar rumah. Cahaya matahari juga dapat dapat menyinari area kamar mandi dan melenyapkan kelembapan yang tidak sehat. Takut terlihat orang saat mandi? Buat bukaan yang letaknya di bagian atas, setidaknya di atas tinggi kepala.
  2. Pilih material alami seperti batu alam atau dahan pohon. Tekstur batu alam yang kasar menjadikan area kamar mandi terasa seperti di alam bebas, mengingatkan pada kolam atau sungai. Sementara dahan kayu dapat dimanfaatkan sebagai gantungan handuk atau pakaian.
  3. Peralatan kamar mandi seperti wastafel, keran, bak mandi, dapat dipilih yang desainnya mengambil inspirasi dari alam. Peralatan tersebut dapat dibuat dari bahan tanah liat yang berbentuk organik. Ornamen binatang seperti capung, katak, ikan, atau kura-kura dapat memperkuat kesan alami kamar mandi ini.
  4. Sapukan kamar mandi dengan warna-warna alam. Hijau yang mengambil inspirasi dari tanaman dapat diaplikasikan. Padukan warna ini dengan cokelatnya tanah, serta warna batu yang keabuan, untuk menciptakan replika alam bebas yang sempurna.

(Fransisca Wungu Prasasti)

Lokasi: Kediaman F. Widayanto, Tanah Baru, Depok



Dibagi ke

Leave a Reply