Hijaukan Tembok di Rumah

Jika rumah Anda berukuran mungil, jangan jadikan hal itu sebagai hambatan untuk membuat taman di rumah. Tapi bagaimana caranya membuat taman kalau area untuk meletakkan barang pribadi pun terkadang kurang? Mudah, buat saja taman vertikal!

Sesuai namanya, taman vertikal dibuat pada sebuah bidang yang berdiri secara vertikal seperti tembok. Membuatnya tidak terlalu sulit. Pertama, tentukan satu bidang dinding polos yang tidak memiliki lubang jendela atau pintu. Kemudian, tentukan ukuran taman vertikal pada dinding. Ia bisa dibuat di seluruh bidang dinding, ataupun hanya sebagian.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan beberapa pot yang telah diisi tanaman. Anda dapat memilih tanaman rambat yang perawatannya mudah seperti peperomia, homalomena, atau sirih ganding seperti pada gambar. Setelah siap, lilitkan 1 pot dengan kawat tebal, lalu sambungkan ke 2 pot lain yang juga dililitkan kawat, sehingga membentuk pola segitiga. Terakhir, lengkungkan ujung kawat menyerupai gantungan baju.

Ketiga pot berisi tanaman yang telah dililit kawat dapat digantung dengan cara mengaitkan kawat pada paku yang telah dipantek ke dinding. Rumah Anda pun kini dihiasi dengan susunan pot yang membentuk taman vertikal! (Maria Jaclyn / Foto: Tan Rahardian)

Lokasi: Show unit 1Park Residence, Jakarta Selatan



Dibagi ke

Leave a Reply