Sofa Bed: Ya Selonjor, Ya Tidur

TABLOIDRUMAH.com– Yang kita ketahui bersama, sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga, dan fungsinya untuk duduk.

Ada banyak macam bentuk maupun bahan pembuat sofa. Untuk ruang keluarga orang sering menggunakan sofa berisi busa dengan bentuk yang gemuk, sehingga nyaman untuk diduduki sambil menyelonjorkan kaki ketika menonton TV.

Tempat tidur (bed), sesuai dengan pengertian kata-katanya adalah tempat untuk tidur, dalam pengertian posisi berbaring.

Sesuai dengan fungsinya untuk duduk, sofa berbentuk kursi dengan sandaran, dan kadang-kadang lengan. Sofa memiliki ukuran standar, yaitu untuk diduduki 1 orang (single seater), 2 orang (two seater), atau 3 orang (three seater). Sementara tempat tidur berbentuk busa datar dengan panjang standar 2 meter, sementara lebarnya bervariasi tergantung tipe.

Kemudian ada yang disebut sofa bed, yaitu sofa dengan konstruksi khusus, yang bisa diubah bentuknya sehingga menjadi berbentuk rata dan bisa digunakan untuk berbaring layaknya tempat tidur (bed). Pada dasarnya, sofa bed ini bentuknya bisa diubah-ubah sesuai fungsi. Bila ingin difungsikan sebagai sofa ia bisa dilipat, sementara bila ingin difungsikan sebagai tempat tidur, tinggal “membuka” lipatannya.

Ada berbagai macam bentuk lipatan sofa bed. Bentuk yang paling standar, yang sudah ada sejak lama adalah dengan membuka dudukan sofa ke arah depan sehingga menjadi panjang dan cukup untuk digunakan berbaring. Sofa bed model ini biasanya berkaki pendek, sehingga ketika dibuka kita seperti tidur di atas kasur yang diletakkan di lantai.

Model yang lebih baru, yang biasa digunakan di rumah-rumah model minimalis, lebih simpel. Sofa ini biasanya tanpa lengan, dan hanya berupa satu matras lebar (hampir bujursangkar), dengan kaki setinggi tempat tidur. Apabila ingin menjadikan sebagai tempat tidur, sandaran sofa ini tinggal direbahkan.

Sofa bed cocok untuk rumah-rumah mungil dengan tempat terbatas. Tentunya sulit bila kita harus menyimpan kasur cadangan. Padahal bukan mustahil kita menerima kunjungan kerabat yang terpaksa harus menginap. Nah sofa bed adalah solusi yang praktis. Sehari-hari sofa ini bisa digunakan untuk menonton TV, tapi bila diperlukan bisa digunakan untuk tambahan tempat tidur.

Anda bisa menemukan sofa bed di toko-toko furnitur. Yuk, kita cari!

(dek /edited: bil)

Foto: Corbis.com



Dibagi ke

Comments (1)

 

  1. dally says:

    saya suka sofa bed….
    cocok buat saya yg sk berlama2 di depan Tv

Leave a Reply